Lima Laptop Terbaik Versi Matt

on Wednesday, July 25, 2012


lima laptop terbaik
Membicarakan mengenai laptop terbaik, terkeren atau terbagus memang tidak kan habisnya jika tidak terstandarisasi. Kebutuhan orang yang berbeda-beda menyebabkan level laptop terbaik juga menjadi berbeda-beda sesuai kebutuhan. Dan masing-masing laptop bahkan memiliki keunikan dan kelebihannya sendiri-sendiri. Jadilah laptop terbaik itu bukan laptop yang termahal atau terpopuler. Apalagi jika diukur dengan cost atau ketebalan dompet, laptop terbaik pastinya adalah yang cocok dengan dompet kita. Hehe.
Matt Smith seorang peneliti laptop mengungkapkan sepuluh laptop terbaik sesuai dengan standarisasi tesnya. Dia punya perangkat dan standar untuk menguji coba apakah sebuah laptop termasuk kategori laptop terbaik dan berkualitas top atau tidak. Standar uji cobanya meliputi chasing laptop, baterai, keyboard dan keytouch (mouse sentuh), kepanasan hardware, display atau tampilan dan desktop. Ini dia lima laptop terbaik versi Matt tersebut adalah:

HP Pavilion dm 1z
Spesifikasi singkat: Netbook, 11.6 inchi, OS Win 7 Home Premiun/Win 7 Professional 64-bit, AMD Dual-Core Processor E-300 (1.3GHz, 1MB L2 Cache) +AMD Radeon(TM) HD 6310M DiscreteClass Graphics, AMD Dual-Core Processor E-450(1.65GHz, 1MB L2 Cache) + AMD Radeon HD 6320M Discrete-Class Graphics, Memory 2GB DDR3, 6GB DDR3, 8GB DDR3, HD 320/500/640/160 GB, Baterai lebih dari 10 jam (6 cell), dan lainnya.
Laptop dengan unsur netbook dengan kaliber top ini  kecil ini menggabungkan spesifikasi terbaik dari laptop dan PC Windows. Kelengkapan dalam laptop ini secara rata-rata tidak sama dengan netbook yang lainnya. Kecil ukuran tapi padat karya, begitu istilahnya. Jadi lebih memuaskan tapi simpel. Chasingnya meskipun terbuat dari bahan plastik, namun kualitas bahannya terasa kencang dan desainnya simple tapi indah.
Keyboardnya juga dibuat secara maksimum, luas dan hanya menyisakan beberapa inci saja ditepinya. Kita jadi nyaman menggunakan keyboardnya karena terasa lebar dan full. Tidak tampak terlalu rumit. Resolusi tampilan layarnya juga mencapai 1366 x 768, resolusi yang juga bisa ditemukan pada laptop ukuran 11 sampai 16 inchi. Artinya, resolusi ini tidak kalah dengan laptop lain yang ukuran inchinya lebih lebar. Bahkan resolusi HP Pavilion dm 1z lebih cerah dan segar.
Kelemahan: tidak cocok untuk antivirus Northon, performa processor kurang besar, bagi sebagian orang terlalu kecil.

Acer Aspire Timeline Ultra M5
Spesifikasi singkat: Ultraportable, OS Microsoft Windows, 14.4 inchi, Processore Intel Core i5-3317U, RAM 4GB DDR3, HD 500 GB Serial ATA, Graphics NVIDIA GeForce GT 640M LE. Dan lainnya.
Keunggulan: Kualitas yang kuat, keyboard dan touchpad lebar, performa yang baik untuk gaming. Tidak mahal. Anda bisa dapatkan Acer ini dibawah $800. Selain tampilan chasing dan desainnya yang menarik dan mulus, kualitas audionya juga bagus. Dalam ruangan kecil, kamar pribadi misalnya, suara maksimalnya sudah menggema penuh. Ada bunyi bas kecilnya juga, sehingga tidak terdengar terlalu cempreng. Software bawaannya juga termasuk shortcut menuju toko online eBay dan Netflix, ini bisa mempermudah pelanggan eBay tentunya. Tapi barangkali software bawaan itu tidak terlalu berguna untuk tujuan yang lain.
Kelemahan: Akan semakin panas ketika GPU mulai hidup, terlalu berat dan tebal untuk ukuran rata-rata ultrabook.

Apple MacBook Air 11.6 inchi
Spesifikasi singkat: Ultrabook, Processor Intel Core i5, RAM 4 GB, HD 64 GB, 11.6 inchi, OS Mac OS X.
Keunggulan: laptop keluaran 2012 ini memiliki tampilan yang nyaman di mata, ringan dan portable, layarnya terang, kinerjanya cepat, harga bersaing, softwarenya terbaik untuk bisnis. Selain itu, software suitenya juga sempurna, kinerja lebih cepat dari yang lainnya.

Alienware M17x R4
Spesifikasi singkat: Tipe untuk gaming, 17.3 inchi, 4 port USB (3.0), Processor Intel Core i7-3820QM (Quad-Core), Graphics NVIDIA GTX 680M, RAM 8 GB, Baterai 90Wh, OS Win7, HD 1, eSATA 1 port, HDMI 1 port, DisplayPort 1 port, VGA 1 port.
Kelebihan: Eksterior yang menarik, tampilan layar Briliant 1080p, rekor kinerja GPU yang top, harga terjangkau. Hardwarenya hebat, sehebat sound systemnya yang nyaring. Namanya juga laptop untuk gamer.
Kekurangan: Keyboard dan touchpadnya kurang menarik, bisa tetap hangat meskipun didiamkan (idle) dan daya tahan baterai yang kurang memuaskan.

Lenovo ThinkPad X230
Spesifikasi singkat: Processor Intel Core i5-3320M, 12.5 inchi, RAM 4 GB, HD 320 GB, OS Microsoft Windows, Graphics Intel HD 4000, VGA 1 port (out), Baterai 63Wh.
Keunggulan: Chasing yang kokoh, keyboard sangat bagus, tampilan tampak luas dan lebar, baterai tahan lama, proses cepat untuk seukurannya. Lebih cocok untuk pekerjaan dari pada untuk hiburan. Dan mesinnya di desain untuk tetap bisa menjaga suhu kedinginan dan kipas tidak bising, sehingga laptop mungil ini bisa digunakan dimana saja ketika Anda bekerja, tidak memerlukan cooler pad yang ribet dan tidak mudah mengganggu orang sekitar. Sehingga Matt menjulukinya sebagai laptop untuk pekerjaan sambil jalan. Tapi jangan untuk gaming atau tugas-tugas berat, karena mesin akan terganggu. Daya tahan baterai hingga 8 jam.
Kekurangan: Touchpad sebenarnya masih bisa dibuat lebih bagus, dan harga mahal untuk laptop seukurannya.

Demikian review singkat tentang lima latop terbaik. Dan ternyata Asus yang legenda sebagai laptop terbandel tidak masuk. Sebenarnya sekali lagi tergantung standar kebutuhan dan ujicoba. Semua kriteria yang tertulis adalah kelebihan yang tidak dimiliki oleh laptop lain yang sukurannya. Jadi, tinggal pilih salah satu dari lima laptop terbaik diatas, mana yang cocok sesuai kebutuhan dan harga. Jika masih memprioritaskan harga, sobat bisa melihat laptop terbaik dengan harga dibawah $500.



Ranking: 5

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
© warnul | All Rights Reserved