Penyebab Gagalnya Mendolarkan Blog

on Tuesday, July 24, 2012


Sobat pembaca, judul penyebab gagalnya mendolarkan blog maksudnya hal-hal yang menggagalkan tujuan blogging kita untuk meraup penghasilan. Semoga sampai hari ini kita masih semangat untuk mencintai kerja blogging kita dan memegang komitmen. Karena berbisnis melalui blog dan website berarti menceburkan diri ke dalam dunia maya, dan harus menceburkan diri, bukan hanya kakinya yang masuk ke dalam air tapi seluruh tubuh.
Mungkin kegagalan meraup penghasilan dengan blog memang dialami oleh mayoritas blogger, dan hanya sedikit orang yang mencapai keberhasilan itu. Kalau sobat yang hingga saat ini belum berhasil, termasuk saya juga mengalaminya, mau menghitung-hitung atau memastikan, sebenarnya ada banyak hal penyebab gagalnya kita mendolarkan blog. Karena bagaimanapun, ketika target trafik blog saja tidak bisa dicapai, bagaimana mungkin penghasilan akan dicapai juga? Sudah masyhur, bahwa sumber penghasilan blog itu adalah trafik. Semakin trafik tinggi, semakin tinggi pula kemungkinan besarnya penghasilan. Berarti, urutannya adalah: trafik – penghasilan.

Kunci kegagalan
Mengapa? Karena kunci kegagalan lebih spesifik dari pada kunci keberhasilan. Semua orang tahu jika ingin berhasil ya fokus, semangat, jangan menyerah, terus mencoba dan belajar dan seterusnya. Tapi sebenarnya yang perlu diperhatikan baik-baik sebenarnya adalah mengetahui kunci kegagalannya. Lalu apa saja kunci atau penyebab utama kegagalan mendolarkan blog kita?
Pertama: tidak fokus. Para blogger sukses memang benar, bahwa keberhasilan itu terjadi karena fokus. Kebalikannya, tidak fokus adalah penyebab kegagalannya.
Kedua: cepat bosan. Ini intinya kembali lagi kepada persoalan fokus. Memang fokus itu membosankan, karena hanya menekuni satu hal saja. Rasa penasaran kadang juga mengganggu fokus kita.
Ketiga: mudah menyerah. Lagi-lagi karena cepat bosan, dan mudah tidak tahan dengan satu hal tertentu. Ini karena proses blogging sendiri tidak secepat menunggu pacar atau bus dihalte hehehe. Prosesnya cukup lama, dan terkadang keberhasilan itu terjadi justru saat kita sedang fokus dan tidak memperdulikan dengan gemerlap-gemerlap yang lain. Nah loe..!

Hindari hal-hal berikut
Nah, seperti yang sudah ditulis di atas, bahwa trafik yang akan membawa blog sobat menuju posibilitas penghasilan, maka kuncinya adalah “hindari berbagai hal yang dapat mengganggu target trafik”. Mengapa? Karena target untuk mencapai trafik yang bagus itulah yang mengharuskan kita FOKUS dalam merawat blog. Oleh karena itu, meskipun banyak sekali jalan, cara dan metode para master internet marketing, tetapi mereka justru mewajibkan kita untuk fokus dan tidak goyah dengan satu cara. Hindari hal-hal berikut:
  1. jangan mudah mengganti domain atau alamat URL blog sobat. Terkadang karena ingin ganti niche, domain atau alamat URL blog jadi ikut diganti juga. Apalagi jika sobat menggunakan blog gratisan yang dengan mudah mengganti alamat URLnya. Sebaiknya, jika ingin menulis niche baru, buat blog yang baru atau tambah saja di blog lama dan tambahkan keywordnya. Dampak lain dari ganti URL adalah mereparasi internal link, sobat akan repot dan tambah pekerjaan yang tidak mudah.
  2. jangan mudah ganti template atau theme. Apalagi saat kita menemukan template yang lebih baik dari template yang sudah kita gunakan. Wah, pasti gatal sekali rasanya hehe. Mudah ganti-ganti template akan menyebabkan optimasi internal yang sudah dibangun rusak kembali. Tambah pekerjaan lagi bukan?
  3. jangan mudah mengganti metode. Metode apa saja yang terkait dalam meraih trafik, meliputi pemostingan dan SEO. Memang algoritma search engine terus berkembang dan berubah. Tapi, perubahan itu bukan pergantian, tapi perkembangan. Oleh karena itu teknik blogging yang begitu banyak metodenya jangan sampai membuat sobat mudah merubah. Ingat, merubah itu berbeda dengan mengembangkan. Artinya, jika sobat saat ini menggunakan suatu teknik dan sudah berjalan rutin, kemudian suatu hari menemukan teknik yang lebih canggih dari orang lain, sebaiknya sobat jangan langsung merubah teknik pertama dengan teknik baru tersebut secara keseluruhan dan tiba-tiba. Tapi, pelan-pelan saja, sehingga nanti menjadi proses pengembangan, bukan perubahan.
  4. jangan memikirkan trafik, apalagi penghasilan. Selama proses meraih trafik, jangan terlalu memikirkan trafik itu sendiri. Terkadang, karena terlalu berharap mendapatkan trafik tinggi, kita jadi mudah malas ketika kita tidak kunjung mendapati blog kita meraih trafik tinggi. Apalagi uangnya, oh no..! sebaiknya, pikiran kita fokus kepada metode pemostingan dan SEO dan lakukan secar rutin. Susun metode dengan baik, lakukan dengan rutin dan meyakinkan.
Hal-hal kecil itulah yang sering menjadi penyebab kegagalan mendolarkan blog kita selama proses terjadi. Dan jika semua hal-hal di atas itu dijadikan sebagai kalimat positif, akan menjadi FOKUS atau konsisten. Buatlah tempat dan suasana disekitar sobat senyaman mungkin agar kegiatan blogging menjadi lancar dan bisa fokus sehingga penyebab kegagalan mendolarkan blog sobat tidak terjadi. Semalat ngeblog :)



Ranking: 5

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
© warnul | All Rights Reserved