Memajukan Pasar Internet Indonesia

on Sunday, February 5, 2012


sebagai salah satu pengguna internet dan pengagum dunia blog, saya masih perlu belajar banyak dari orang-orang yang mampu memanfaatkan peluang dalam dunia internet. Selama coba meniru-niru kegiatan para blogger yang berpenghasilan, saya baru sadar bahwa langkah-langkah yang ditempuh memang berat dan butuh banyak belajar.
Oleh karena itu, sangat wajar jika pada master blogger mencapai penghasilan yang pantas dengan ukuran usaha mereka. Keringat mereka terbayar sesuai rasa lelah yang terkuras. Tapi, sekali lagi, mereka mendapatkan itu karena focus yang tinggi. Makannya saya suka heran sendiri jika ada blogger yang memiliki kegiatan inti lain, seperti kuliah, sekolah dan kerja.
Yang jadi pertanyaan saya selama ini, mengapa ketergantungan pasar internet Indonesia terhadap luar negeri sangat besar?

Pengguna internet di Indonesia tahun 2010 mencapai 42 juta orang, dan tahun 2011 mencapai 55 juta orang, seperti yang kutip Tekno Kompas, tetapi pasar internet lebih maju di luar negeri. Tetapi lagi-lagi mayoritas kesuksesan blogger Indonesia diraih jika mampu mengimbangi pasar luar negeri. Beberapa pasar internet yang menjadi ketergantungan para blogger Indonesia antara lain Amazon, Ebay dan Google Adsense.
Tidak sedikit blogger yang merasa kesulitan hanya untuk mengimbangi pasar global yang berat itu. Padahal, jika kita tengok situs-situs besari di Indonesia seperti Kaskus, Toko Bagus dan lainnya, geliat transaksi secara onlilne sudah besar dan masyhur. Tapi yang terjadi di Indonesia hanya sebatas modernisasi cara bertransaksi saja. Sementara diluar negeri sudah jauh melebihi dari itu.
Model-model bisnis untuk publisher dan reseller yang ada di Indonesai kurang menguntungkan, juga kurang dinamis. Coba kita tengok situs-situs jasa publisher di Indonesia, sangat berbeda jauh dengan – misalnya – Google Adsense. Iklan di situs-situs jasa publisher kita terlalu monoton dan hanya seputar dunia esek-esek. Sedikit sekali yang menawarkan property yang lebih professional dan dahsyat.
Seandainya saja misalkan jasa publisher kita bisa seperti Adsensnya mbah Google, Kaskus kita bisa mengembangkan sistem seperti dalam Amazon dan Ebay, saya berbaik sangka dinamika bisnis internet di negeri kita akan semakin menyenangkan. Mimpi kali ye? Tetapi, itu memang akan terbukti dahsyat. Sebab produk negeri kita tidak kalah dengan produk luar negeri.
Kita tidak akan repot-repot lagi menulis bahasa inggris dan sok keinggris-inggrisan, hanya agar diterima di Google Adsense. Kita juga tidak terpaksa menginggris-inggriskan diri hanya untuk mendapat penghasilan dari Amazon. Kita hidup di pasar bebas, tetapi pasar internet kita masih tergantung dengan luar negeri.
Beberapa blogger mengabarkan bahwa Google Adsense sudah support untuk blog bahasa Indonesia, juga sebagaimana yang dikabarkan oleh blog Adsense sendiri. Semoga ada perkembangan baik untuk dunia bisnis internet kita, dan akan ada Amazon atau Ebay asli Indonesia, amin.



Ranking: 5

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
© warnul | All Rights Reserved