Cara Defragment Hard Disk

on Sunday, August 5, 2012


cara defragment hard disk
Defragment hard disk sepertinya memang kurang populer dan jarang dilakukan oleh para pemilik komputer atau laptop. Mungkin karena fungsinya yang kurang begitu terasa dan tidak begitu Nampak. Suatu saat sobat merasa laptop atau komputer kesayangan sobat jadi lambat kinerjanya. Kebanyakan pengguna mungkin lebih memilih klik “refresh” untuk mempercepat proses loading. Tapi sebenarnya defragment hard disk ini lebih baik dilakukan untuk mengembalikan kecepatan, karena sifatnya lebih permanen dan terrekomendasi.
Mengapa dengan defragment hard disk kinerja mesin jadi lebih cepat? Karena fungsi defragment ini untuk merapikan kembali file-file kecil yang terserak dan acak sehingga mengisi ruang kosong lainnya di dalam hard disk. Ibarat meja kerja, karena sobat sering tergesa-gesa sobat jadi tidak sempat merapikan kertas-kertas dan dokumen-dokumen yang ada dan sering sobat tinggalkan begitu saja di meja saat pulang. Di computer juga, terkadang karena hang, terserang virus atau menutup aplikasi tidak sesuai prosedur, menyebabkan ruang hard disk jadi acak-acakan.
Ini dia cara defragment hard disk:
  1. .Klik tombol windows (antara Ctrl dan Alt) dan huruf E.
  2. .Kemudian pilih local disk (entah itu C, D, E dan seterusnya) yang akan di defragment, seperti ketika sobat akan scan virus.
  3. .Klik “properties”, kemudian klik “tools”.
  4. .Nanti akan kelihatan tombol “defragment now”, kemudian muncul pilihan local disk mana yang akan di defragment, klik dan klik tombol “defragment. Tunggu proses defragment hingga selesai, baru sobat gunakan lagi computer atau laptop tersebut.



Ranking: 5

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
© warnul | All Rights Reserved